Jumat, 27 Juni 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama satuan pendidikan         : SMA Santo Thomas 1 Medan
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/semester                        : X/2
Materi pokok                          : Teks recount  lisan dan tulis sederhana, tentang pengalaman/ kejadian/peristiwa
Alokasi waktu                         : 6 x 45 menit

A.  Kompetensi Inti (KI)
1.   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.   Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi:
3.9.      Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teksrecount sederhana tentang pengalaman/kejadian/peristiwa, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.13.    Menangkap makna dalam teks recount lisan dan tulis sederhana.
4.14.    Menyusun teks recount lisan dan tulis sederhana tentang pengalaman/ kegiatan/kejadian/peristiwa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK):
Pertemuan 1
     3.9.1.Mengidentifikasi gambaran umum, informasi tertentu dan rinci dari teks recount sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa dengan penuh percaya diri dan bertanggung jawab.
     3.9.2.Mengurai gambaran umum dan informasi tertentu dari teks recount sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa dengan penuh percaya diri dan bertanggung jawab.
     3.9.3.Mendeteksi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks recount sederhana.

Pertemuan 2
     4.13.1.Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks recount sederhana sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa.
     4.13.2.Menyunting teks recount sederhana lisan sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Pertemuan 3
     4.14.1.Menyunting teks recount sederhana tulis sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
     4.14.2.Menyusun teks recount sederhana lisan dan tulis sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.

C. Tujuan pembelajaran         :
Pertemuan 1
Melalui proses membaca, menonton, menanya, mencoba, dan menalar peserta didik mampu, menganalisis dan menangkap makna teks recount sederhana lisan dan tulis sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa dengan percaya diri, jujur dan bertanggung-jawab.
Pertemuan 2
Melalui proses membaca, menonton, menanya, mencoba, dan menalar peserta didik mampu, menangkap  makna dan menyunting teks recount sederhana lisan dan tulis sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa dengan percaya diri, jujur dan bertanggung-jawab.
Pertemuan 3
Melalui proses membaca, menonton, menanya, mencoba, dan menalar peserta didik mampu menangkap makna dan menyusun teks recount sederhana lisan dan tulis sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa dengan percaya diri, jujur dan bertanggung-jawab.

D. Materi Pembelajaran
Teks recount sederhana lisan dan tulis
Fungsi sosial :
           to tell/ to retell past events for the purpose of informing or entertaining.

Generic Structure
Text
Orientation
(Pengenalan: Who, When, Where, dll)
Tennis Star Roger Federer was born on August 8, 1981 in Basel, Switzerland, to Swiss father Robert Federer and South-African mother Lynette Du Rand. Federer’s parents met while on a business trip for a pharmaceutical company, where they both worked.
Events:
(Urutan Peristiwa)
In 2011, Federer won his 18th Masters Series tournament, abd won his first Paris Masters, with a victory against French tennis pro Jo-Wilfried Tsonga. That same year, he beat 2009 U.S.Open champion Juan Martin del Potro, and went on to defeat Andy Murray at the Dubai Open.
Reorientation
(Penutup cerita, rangkuman rentetan peristiwa)
Federer’s carieer escalated one again in 2012, when he defeated defending champion Novak Djokovic in the Wimbledon semifinals, and went on to beat Andy Murray in the Wimbledon finals-Federer’s seventh Wimbledon victory. The Wimbledon 2012 win helped the 30-year-old tennis star reagain the No. 1 spot, and tie the world No. 1 ranking record of 286 weeks (set by Pete Sampras).

 Lexico Grammatical Features
1.      Focus on specific participant
2.      Used action verbs and simple past tense (V2), example: was, were, spent, visited, etc.
3.      Use time connectives, example: then, after that, when.
4.      Chronologically.


E. Metode Pembelajaran; TBL
    Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
    1. Media                             : VCD dan Power Point Presentation
    2. Alat                                 : Laptop, LCD, dan Speaker Active
    3. Sumber Belajar               : www.englishindo.comhttp://www.britishcouncil.org
                                                 Symphony English Course For Senior High School Book - Quadra

G. Langkah-langkah pembelajaran

Pertemuan 1
a.    Kegiatan Pendahuluan
1.      menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2.      Memberi motivasi belajar
3.      Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari:
4.      Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

b.     Kegiatan Inti
Mengamati
1.   Siswa membaca beberapa recount sederhana kegiatan/kejadian/peristiwa yang terdapat dalam buku teks atau sumber lainnya dalam kelompok 4 orang kemudian masing-masing anggota kelompok membacakan recount sederhana yang dibacanya. (Siswa melakukan proses ini berdasarkan panduan yang disiapkan guru).
2.   Siswa menirukan contoh pengucapan kalimat-kalimat dalam iklan kegiatan/kejadian/peristiwa tersebut dengan bimbingan guru.
3.    Siswa belajar menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks yang dibaca.
Menanya
1.         Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks recount sederhana yang ada dalam bahasa Inggris terutama tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
2.         Siswa mempertanyakan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks recount sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa.
Mengeksplorasi
1.         Siswa melaporkan hasil diskusi kelompok pada tahap mengamati dan ditanggapi oleh kelompok lain.
2.         Siswa secara kelompok membacakan teks recount sederhana berupa sebuah brosur kegiatan/kejadian/peristiwa yang sudah dibawa dengan pengucapan, tekanan kata dan intonasi yang tepat.
3.         Siswa berpasangan menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu serta fungsi sosial dari teks recount sederhana yang dibaca/didengar.
Mengasosiasi
1.         Dalam kerja kelompok terbimbing siswa  menganalisis dengan membandingkan berbagai teks yang menggambarkan kegiatan/kejadian/peristiwa dengan fokus pada  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
2.         Siswa mengelompokkan teks recount sederhana sesuai dengan fungsi sosialnya.
3.         Siswa memperoleh balikan (feedback) dari  guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
1.         Menyampaikan hasil kerja kelompok tentang kegiatan/kejadian/peristiwa sesuai dengan panduan yang disiapkan guru.
2.         Siswa membuat laporan evaluasi diri secara tertulis tentang pengalaman dalam menggambarkan kegiatan/kejadian/peristiwa dan termasuk menyebutkan dukungan dan kendala yang dialami (learning journal).
c.   Penutup
a.    Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Thank you very much for your participation.  You did a good job today, I’m very happy with your activity in the class. How about you, did you enjoy my class?
b.    Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual
c.     Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

Pertemuan 2
a.    Kegiatan Pendahuluan
1.      menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
2.       memberi motivasi belajar
3.       mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari:
4.      menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

b.     Kegiatan Inti
Mengamati
1.   Siswa mendengarkan teks recount sederhran tentang kegiatan/kejadian/peristiwa sambil melengkapi format yang disediakan guru.
2.   Siswa secara bergantian membacakan sebuah teks recount  tentang kegiatan/kejadian/peristiwa pada pasangan masing-masing.
3.   Siswa belajar menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari recount sederhana yang dibacakan teman dengan mengisi blangko.
Menanya
1.   Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks recount sederhana yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia terutama tentang fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
2.   Siswa mempertanyakan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks recount sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa

Mengeksplorasi
1.   Siswa secara kelompok dari berbagai sumber dengan pengucapan, tekanan kata dan intonasi yang tepat.
2.    Siswa berpasangan membaca teks recount sederhana lain untuk menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu serta fungsi sosial dari teks recount sederhana yang dibaca.
3.    Berkelompok 4 orang, siswa menyunting teks recount sederhana lisan tentang kegiatan/kejadian/peristiwa yang diberikan guru dari segi struktur dan unsur kebahasaan
Mengasosiasi
1.   Siswa membedakan teks recount sederhana yang sudah disunting sesuai dengan fungsi sosialnya.
2.   Siswa memperoleh balikan (feedback) dari  guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.




Mengomunikasikan
1.   Siswa menyunting recount sederhana kegiatan/kejadian/peristiwa yang disediakan guru.
2.   Siswa menyampaikan hasil suntingannya didepan guru dan teman dan mempublikasikannya di mading.
c.   Penutup
1.      memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
2.       You did a great job today, I’m very happy with your activity. Thank you very much for your participation.  By the way, how do you feel to be in my class? Please write your feeling, your problem and your success during my class in your journal,
3.      Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memuji dalam jurnal belajar (learning journal).
4.      Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individua membaca beberapa teks recount sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa.
5.      Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya adalah melanjutkan

Pertemuan 3
a.    Kegiatan Pendahuluan
1.      Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
2.      Memberi motivasi belajar
3.      Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari:
4.      Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b.     Kegiatan Inti
Mengamati
1.      Siswa membaca beberapa recount sederhana kegiatan/kejadian/peristiwa hasil suntingan teman dalam kelompok 4 orang kemudian masing-masing anggota kelompok membacakannya.
2.      Siswa menonton iklan kegiatan/kejadian/peristiwa yang ditayangkan guru.
3.      Siswa menirukan contoh pengucapan kalimat-kalimat dalam iklan kegiatan/kejadian/peristiwa tersebut dengan bimbingan guru.




Menanya
1.      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks recount sederhana yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia terutama tentang fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan
Mengeksplorasi
1.      Siswa berpasangan menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu serta fungsi sosial dari teks recount sederhana yang dibaca/didengar.
2.      Berkelompok, siswa menggambarkan kegiatan/kejadian/peristiwa kesukaannya pada anggota kelompok dalam konteks penyampaian informasi yang wajar terkait dengan tujuan yang hendak dicapai dari model yang dipelajari.


Mengasosiasi
1.      Dalam kerja kelompok terbimbing siswa menganalisis dengan membandingkan teks kegiatan/kejadian/peristiwa yang disusun oleh teman anggota kelompok dengan fokus pada  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
2.      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari  guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
1.      Berkelompok, siswa menyusun teks recount sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa sesuai dengan fungsi sosial tujuan, struktur dan unsur kebahasaannya.
2.      Siswa menyampaikan recount sederhananya didepan guru dan teman dan mempublikasikannya di mading.


c.   Penutup
1.         memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
2.         For all of you, thank you very much for your participation.  Good job, I like your performance today. Almost all of active. I hope next time all of you have to be active in the class. Okay?  Now as ususal Please write your feeling, your problem and your success during my class in your journal,
3.         Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memuji dalam jurnal belajar (learning journal).
4.         Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual.
5.         Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

A.     Penilaian hasil pembelajaran
  Kriteria penilaian Kinerja dan Tugas
1.      Pencapaian fungsi sosial
2.      Kelengkapan dan keruntutan struktur teks recount sederhana.
3.      Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan.
4.      Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
KINERJA (praktik)
1.      Melakukan monolog tentang recount sederhana kegiatan/kejadian/peristiwa di depan kelas / berpasangan.
2.      Ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam membuat teks recount sederhana

Speaking Rubric
Apprentice
Basic
Learned
Exemplary
      Presentation shows lack of interest.
      Speech difficult to understand.
      Lack of eye contact.
      Knowledge is minimal.
      Volume is uneven.
      Lacks of focus.
      Lacks of information.
      Grammatical errors.
      Presentation lacks enthusiasm.
      Speech is adequate.
      Lapses in sentence structure and grammar.
      Fact not included.
      Volume is uneven.
       Speech is clear.
       Eye contact is made intermittently.
      Grammar usually correct.
      Knowledge and facts are partially included.
      Volume is appropriate.
       Speech is clear.
       Eye contact is made.
      Grammar is conventional.
      Knowledge and facts are included.
      Volume is appropriate.

Penugasan/ulangan harian
Menentukan gambaran umum, informasi tertentu/tersurat, dan rujukan kata dari teks recount sederhana


observasi
Lembar Pengamatan Sikap Peserta didik

No
                   
                       Indikator  Sikap.

Nama Peserta didik.
Bertanggung jawab 
Jujur
Santun dalam berkumunikasi
Percaya diri
Kedisiplinan dalam tugas
Nilai rata-rata (kualitatif/huruf).
1







2







3







4








Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d. 5
1 = Sangat Kurang          3 = Cukup        5 = Amat Baik
2 = Kurang                      4 = Baik

PORTOFOLIO
Rubriks Portofolio (Format 1)
Nama Siswa        : ________________________________________ 
Kelas                    :  _______________________________________
Guru                     : ________________________________________

NO
Kreteria                               Aspek
SB
B
C
K
1.
Ada kumpulan catatan kemajuan belajar
5 kreteria terpenuhi
4 Kreteria terpenuhi
3 Kreteria terpenuhi
 ≤ 2 kreteria terpenuh
2.
Ada rekaman monolog teks recount sederhana
3.
Ada kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teksrecount sederhana  berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
4.
Ada kumpulan hasil tes dan latihan.
5.
Ada catatan penilaian diri dan penilaian sejawat

Format 2
KRITERIA
TERBATAS
MEMUASKAN
MAHIR
Melakukan Observasi          
Tidak Jelas
Pelaksanaannya
 Beberapa Kegiatan
Jelas dan Rinci
Semua Jelas dan Rinci
Role Play
Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
 Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
Menyunting Teks
Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat serta ada modifikasi

Penilaian Diri 
Bentuk: jurnal belajar

Contoh Format:
My Learning Journal
Name:
A summary of what I have covered:
Things I am still not sure of:
What do I need to do to overcome these uncertainties?
Things I have  learned successful today:

Penilaian Sejawat
Berupa komentar atau daftar cek



                                                                                                Medan,  11 April 2014
Mengetahui:                                                               
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



Fr. Anton, CMM                                                                  Rudi Salam Sinulingga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar