RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
satuan pendidikan : SMA Santo Thomas
1 Medan
Mata
Pelajaran
: Bahasa Inggris
Kelas/semester
: X/2
Materi
pokok
: Teks recount lisan
dan tulis sederhana, tentang pengalaman/ kejadian/peristiwa
Alokasi
waktu
: 6 x 45 menit
A.
Kompetensi Inti (KI)
1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi:
3.9. Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teksrecount sederhana
tentang pengalaman/kejadian/peristiwa, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.13. Menangkap
makna dalam teks recount lisan dan tulis sederhana.
4.14. Menyusun
teks recount lisan dan tulis sederhana tentang pengalaman/
kegiatan/kejadian/peristiwa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK):
Pertemuan 1
3.9.1.Mengidentifikasi gambaran umum, informasi tertentu dan rinci dari teks
recount sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa dengan penuh percaya diri
dan bertanggung jawab.
3.9.2.Mengurai gambaran umum dan informasi tertentu dari teks recount sederhana
tentang kegiatan/kejadian/peristiwa dengan penuh percaya diri dan bertanggung
jawab.
3.9.3.Mendeteksi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
recount sederhana.
Pertemuan 2
4.13.1.Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
recount sederhana sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa.
4.13.2.Menyunting teks recount sederhana lisan sederhana tentang
kegiatan/kejadian/peristiwa dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Pertemuan 3
4.14.1.Menyunting teks recount sederhana tulis sederhana tentang
kegiatan/kejadian/peristiwa dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.14.2.Menyusun teks recount sederhana lisan dan tulis sederhana tentang
kegiatan/kejadian/peristiwa dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan
unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
C.
Tujuan pembelajaran :
Pertemuan
1
Melalui proses membaca,
menonton, menanya, mencoba, dan menalar peserta didik mampu, menganalisis dan
menangkap makna teks recount sederhana lisan dan tulis sederhana tentang
kegiatan/kejadian/peristiwa dengan percaya diri, jujur dan bertanggung-jawab.
Pertemuan 2
Melalui proses membaca,
menonton, menanya, mencoba, dan menalar peserta didik mampu, menangkap
makna dan menyunting teks recount sederhana lisan dan tulis sederhana tentang
kegiatan/kejadian/peristiwa dengan percaya diri, jujur dan bertanggung-jawab.
Pertemuan 3
Melalui proses membaca,
menonton, menanya, mencoba, dan menalar peserta didik mampu menangkap makna dan
menyusun teks recount sederhana lisan dan tulis sederhana tentang
kegiatan/kejadian/peristiwa dengan percaya diri, jujur dan bertanggung-jawab.
D.
Materi Pembelajaran
Teks recount sederhana
lisan dan tulis
Fungsi sosial :
to tell/ to retell past
events for the purpose of informing or entertaining.
Generic Structure
|
Text
|
Orientation
(Pengenalan:
Who, When, Where, dll)
|
Tennis
Star Roger Federer was born on August 8, 1981 in Basel, Switzerland, to Swiss
father Robert Federer and South-African mother Lynette Du Rand. Federer’s
parents met while on a business trip for a pharmaceutical company, where they
both worked.
|
Events:
(Urutan
Peristiwa)
|
In
2011, Federer won his 18th Masters Series tournament, abd won his
first Paris Masters, with a victory against French tennis pro Jo-Wilfried
Tsonga. That same year, he beat 2009 U.S.Open champion Juan Martin del Potro,
and went on to defeat Andy Murray at the Dubai Open.
|
Reorientation
(Penutup
cerita, rangkuman rentetan peristiwa)
|
Federer’s
carieer escalated one again in 2012, when he defeated defending champion
Novak Djokovic in the Wimbledon semifinals, and went on to beat Andy Murray
in the Wimbledon finals-Federer’s seventh Wimbledon victory. The Wimbledon
2012 win helped the 30-year-old tennis star reagain the No. 1 spot, and tie
the world No. 1 ranking record of 286 weeks (set by Pete Sampras).
|
Lexico Grammatical Features
1. Focus on specific
participant
2. Used action verbs and
simple past tense (V2), example: was, were, spent, visited, etc.
3. Use time connectives,
example: then, after that, when.
4. Chronologically.
E.
Metode Pembelajaran; TBL
Model Pembelajaran CIRC (Cooperative
Integrated Reading and Composition)
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
1.
Media :
VCD dan Power Point Presentation
2.
Alat :
Laptop, LCD, dan Speaker Active
Symphony English Course For Senior High School
Book - Quadra
G.
Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan 1
a. Kegiatan Pendahuluan
1. menyiapkan peserta didik secara psikis
dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2. Memberi motivasi belajar
3. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang
mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari:
4. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan
penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b. Kegiatan Inti
Mengamati
1. Siswa membaca beberapa recount
sederhana kegiatan/kejadian/peristiwa yang terdapat dalam buku teks atau sumber
lainnya dalam kelompok 4 orang kemudian masing-masing anggota kelompok
membacakan recount sederhana yang dibacanya. (Siswa melakukan proses ini
berdasarkan panduan yang disiapkan guru).
2. Siswa menirukan contoh pengucapan
kalimat-kalimat dalam iklan kegiatan/kejadian/peristiwa tersebut dengan
bimbingan guru.
3. Siswa belajar menemukan gagasan pokok,
informasi rinci dan informasi tertentu dari teks yang dibaca.
Menanya
1.
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar
berbagai teks recount sederhana yang ada dalam bahasa Inggris terutama tentang
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
2.
Siswa
mempertanyakan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
recount sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa.
Mengeksplorasi
1.
Siswa
melaporkan hasil diskusi kelompok pada tahap mengamati dan ditanggapi oleh
kelompok lain.
2.
Siswa
secara kelompok membacakan teks recount sederhana berupa sebuah brosur
kegiatan/kejadian/peristiwa yang sudah dibawa dengan pengucapan, tekanan kata
dan intonasi yang tepat.
3.
Siswa
berpasangan menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu
serta fungsi sosial dari teks recount sederhana yang dibaca/didengar.
Mengasosiasi
1.
Dalam
kerja kelompok terbimbing siswa menganalisis dengan membandingkan
berbagai teks yang menggambarkan kegiatan/kejadian/peristiwa dengan fokus
pada fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
2.
Siswa
mengelompokkan teks recount sederhana sesuai dengan fungsi sosialnya.
3.
Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap
yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
1.
Menyampaikan
hasil kerja kelompok tentang kegiatan/kejadian/peristiwa sesuai dengan panduan
yang disiapkan guru.
2.
Siswa
membuat laporan evaluasi diri secara tertulis tentang pengalaman dalam
menggambarkan kegiatan/kejadian/peristiwa dan termasuk menyebutkan dukungan dan
kendala yang dialami (learning journal).
c. Penutup
a. Memberikan umpan balik terhadap proses
dan hasil pembelajaran;
Thank you very much for your
participation. You did a good job today, I’m very happy with your
activity in the class. How about you, did you enjoy my class?
b. Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pemberian tugas individual
c. Menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
Pertemuan 2
a. Kegiatan Pendahuluan
1. menyiapkan peserta didik secara psikis
dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
2. memberi motivasi belajar
3. mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang
mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari:
4. menjelaskan tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan
penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b. Kegiatan Inti
Mengamati
1. Siswa mendengarkan teks recount
sederhran tentang kegiatan/kejadian/peristiwa sambil melengkapi format yang
disediakan guru.
2. Siswa secara bergantian membacakan
sebuah teks recount tentang kegiatan/kejadian/peristiwa pada pasangan
masing-masing.
3. Siswa belajar menemukan gagasan pokok,
informasi rinci dan informasi tertentu dari recount sederhana yang dibacakan
teman dengan mengisi blangko.
Menanya
1. Dengan bimbingan dan arahan guru,
siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks recount
sederhana yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris
dengan yang ada dalam bahasa Indonesia terutama tentang fungsi social, struktur
teks, dan unsur kebahasaan.
2. Siswa mempertanyakan gagasan pokok,
informasi rinci dan informasi tertentu dari teks recount sederhana tentang
kegiatan/kejadian/peristiwa
Mengeksplorasi
1. Siswa secara kelompok dari berbagai
sumber dengan pengucapan, tekanan kata dan intonasi yang tepat.
2. Siswa berpasangan membaca teks recount
sederhana lain untuk menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi
tertentu serta fungsi sosial dari teks recount sederhana yang dibaca.
3. Berkelompok 4 orang, siswa menyunting
teks recount sederhana lisan tentang kegiatan/kejadian/peristiwa yang diberikan
guru dari segi struktur dan unsur kebahasaan
Mengasosiasi
1. Siswa membedakan teks recount
sederhana yang sudah disunting sesuai dengan fungsi sosialnya.
2. Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja
kelompok.
Mengomunikasikan
1. Siswa menyunting recount sederhana
kegiatan/kejadian/peristiwa yang disediakan guru.
2. Siswa menyampaikan hasil suntingannya
didepan guru dan teman dan mempublikasikannya di mading.
c. Penutup
1. memberikan umpan balik terhadap proses
dan hasil pembelajaran;
2. You did a great job today, I’m very
happy with your activity. Thank you very much for your participation. By
the way, how do you feel to be in my class? Please write your feeling, your
problem and your success during my class in your journal,
3. Siswa menuliskan permasalahan dalam
menggunakan bahasa Inggris untuk memuji dalam jurnal belajar (learning
journal).
4. Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pemberian tugas individua membaca beberapa teks recount sederhana
tentang kegiatan/kejadian/peristiwa.
5. Menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya adalah melanjutkan
Pertemuan 3
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis
dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
2. Memberi motivasi belajar
3. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang
mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari:
4. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan
penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b. Kegiatan Inti
Mengamati
1. Siswa membaca beberapa recount
sederhana kegiatan/kejadian/peristiwa hasil suntingan teman dalam kelompok 4
orang kemudian masing-masing anggota kelompok membacakannya.
2. Siswa menonton iklan
kegiatan/kejadian/peristiwa yang ditayangkan guru.
3. Siswa menirukan contoh pengucapan
kalimat-kalimat dalam iklan kegiatan/kejadian/peristiwa tersebut dengan
bimbingan guru.
Menanya
1. Dengan bimbingan dan arahan guru,
siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks recount sederhana
yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang
ada dalam bahasa Indonesia terutama tentang fungsi social, struktur teks, dan
unsur kebahasaan
Mengeksplorasi
1. Siswa berpasangan menemukan gagasan
pokok, informasi rinci dan informasi tertentu serta fungsi sosial dari teks
recount sederhana yang dibaca/didengar.
2. Berkelompok, siswa menggambarkan
kegiatan/kejadian/peristiwa kesukaannya pada anggota kelompok dalam konteks
penyampaian informasi yang wajar terkait dengan tujuan yang hendak dicapai dari
model yang dipelajari.
Mengasosiasi
1. Dalam kerja kelompok terbimbing siswa
menganalisis dengan membandingkan teks kegiatan/kejadian/peristiwa yang disusun
oleh teman anggota kelompok dengan fokus pada fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan.
2. Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja
kelompok.
Mengomunikasikan
1. Berkelompok, siswa menyusun teks
recount sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa sesuai dengan fungsi
sosial tujuan, struktur dan unsur kebahasaannya.
2. Siswa menyampaikan recount
sederhananya didepan guru dan teman dan mempublikasikannya di mading.
c. Penutup
1.
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
2.
For
all of you, thank you very much for your participation. Good job, I like
your performance today. Almost all of active. I hope next time all of you have
to be active in the class. Okay? Now as ususal Please write your feeling,
your problem and your success during my class in your journal,
3.
Siswa
menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memuji dalam
jurnal belajar (learning journal).
4.
Melakukan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual.
5.
Menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
A. Penilaian hasil
pembelajaran
Kriteria penilaian
Kinerja dan Tugas
1. Pencapaian fungsi sosial
2. Kelengkapan dan keruntutan struktur
teks recount sederhana.
3. Ketepatan unsur kebahasaan: tata
bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan.
4. Kesesuaian format penulisan/
penyampaian
KINERJA
(praktik)
1. Melakukan monolog tentang recount
sederhana kegiatan/kejadian/peristiwa di depan kelas / berpasangan.
2. Ketepatan dan kesesuaian dalam
menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam membuat teks recount
sederhana
Speaking Rubric
Apprentice
|
Basic
|
Learned
|
Exemplary
|
Presentation shows lack
of interest.
Speech difficult to
understand.
Lack of eye contact.
Knowledge is minimal.
Volume is uneven.
Lacks of focus.
Lacks of information.
Grammatical errors.
|
Presentation lacks
enthusiasm.
Speech is adequate.
Lapses in sentence
structure and grammar.
Fact not included.
Volume is uneven.
|
Speech is clear.
Eye contact is made
intermittently.
Grammar usually correct.
Knowledge and facts are
partially included.
Volume is appropriate.
|
Speech is clear.
Eye contact is
made.
Grammar is conventional.
Knowledge and facts are
included.
Volume is appropriate.
|
Penugasan/ulangan
harian
Menentukan gambaran umum,
informasi tertentu/tersurat, dan rujukan kata dari teks recount sederhana
observasi:
Lembar Pengamatan Sikap
Peserta didik
No
|
Indikator Sikap.
Nama Peserta didik.
|
Bertanggung jawab
|
Jujur
|
Santun dalam
berkumunikasi
|
Percaya
diri
|
Kedisiplinan dalam tugas
|
Nilai rata-rata (kualitatif/huruf).
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
Note: Setiap aspek menggunakan skala
1 s.d. 5
1 = Sangat
Kurang 3 =
Cukup 5 = Amat Baik
2 =
Kurang
4 = Baik
PORTOFOLIO
Rubriks Portofolio (Format
1)
Nama
Siswa :
________________________________________
Kelas
: _______________________________________
Guru
:
________________________________________
NO
|
Kreteria
Aspek
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
1.
|
Ada
kumpulan catatan kemajuan belajar
|
5
kreteria terpenuhi
|
4
Kreteria terpenuhi
|
3
Kreteria terpenuhi
|
≤
2 kreteria terpenuh
|
2.
|
Ada
rekaman monolog teks recount sederhana
|
||||
3.
|
Ada
kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan
teksrecount
sederhana berupa: draft, revisi, editing sampai hasil
terbaik untuk dipublikasi
|
||||
4.
|
Ada
kumpulan hasil tes dan latihan.
|
||||
5.
|
Ada
catatan penilaian diri dan penilaian sejawat
|
Format
2
KRITERIA
|
TERBATAS
|
MEMUASKAN
|
MAHIR
|
Melakukan
Observasi
|
Tidak Jelas
Pelaksanaannya
|
Beberapa Kegiatan
Jelas dan Rinci
|
Semua Jelas dan Rinci
|
Role
Play
|
Membaca
script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
|
Lancar
dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
|
Lancar
mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
|
Menyunting
Teks
|
Penggunaan
kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
|
Fungsi
sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat
|
Fungsi
sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat serta ada modifikasi
|
Penilaian Diri
Bentuk: jurnal belajar
Contoh
Format:
My
Learning Journal
Name:
|
A
summary of what I have covered:
|
Things
I am still not sure of:
|
What
do I need to do to overcome these uncertainties?
|
Things
I have learned successful today:
|
Penilaian Sejawat
Berupa komentar atau daftar cek
Medan, 11 April 2014
Mengetahui:
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Fr.
Anton, CMM Rudi Salam Sinulingga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar